Kamis, 12 Januari 2017

Guttae (Obat Tetes)


A. PENGERTIAN GUTTAE  

            Guttae / Obat Tetes adalah sediaan cair berupa larutan, emulsi atau suspensi, dimaksud untuk obat dalam maupun luar, digunakan dengan cara meneteskan  menggunakan nenetes yang menghasilkan tetesan setara tetesan yang dihasilkan penetes yang disebut Farmakope Indonesia.
            Bila disebutkan guttae, obat tetes, tanpa penjelasan lebih lanjut, dimaksudkan adalah obat tetes untuk onat dalam.
 
     B. MACAM - MACAM GUTTAE
Hasil gambar untuk TETES ORAL1. Guttae Oris
    Untuk obat dalam digunakan dengan jalan meneteskan obat itu pada minuman atau makanan.



2. Guttae Auricularis
Hasil gambar untuk tetes telinga    Tetes Telinga adalah obat tetes yang digunakan untuk telinga, dengan cara meneteskan obat pada telinga. Kecuali dinyatakan lain maka tetes telinga dibuat dengan menggunakan cairan pembawa bukan air.
Cairan pembawa yang digunakan ini mempunyai kekentalan yang sesuai agar obat mudah menempel pada dinding telinga. Pelarut tersebut adalah : Glycerolum, Propylen Glycol, Aethanolum, Heksilenglycol atau minyak nabati. Keasaman-kebasaan kecuali dinyatakan lain mempunyai PH 5,0-6,0 disimpan dalam wadah tertutup rapat. Contoh : Vital EAR OIL. 
Hasil gambar untuk tetes hidung
3. Guttae Nasales
    Tetes Hidung adalah obat tetes yang digunakan untuk hidung, dengan cara meneteskan obat kedalam hidung, dapat mengandung zat pensuspensi, pendapar dan pengawet.
Cairan pembawa umumnya air, PH antara 5,0 sampai 6,0 dan disimpan dalam wadah tertutup rapat, kapasitas dapar adalah sedang, isotonis, dan hampir isotonis. Minyak lemak atau mineral tidak boleh untuk cairan pembawa. Contoh : Otrivin.


4. Guttae Ophthalmicae
    Tetes mata adalah sediaan steril berupa larutan atau suspensi, digunakan untuk mata dan bola mata, dengan jalan meneteskan obat pada selaput lendir mata disekitar kelopak mata. Contoh : Insto
Hasil gambar untuk insto






Tidak ada komentar:

Posting Komentar